Branding UMKM sebagai penguat perekonomian Kelurahan Pakunden

Branding UMKM adalah serangkaian kegiatan strategis yang bertujuan untuk membangun identitas dan citra yang kuat bagi usaha mikro, kecil, dan menengah di pasar. Proses ini meliputi penentuan nilai dan identitas merek, pembuatan strategi komunikasi yang jelas melalui media sosial dan pemasaran digital, desain kemasan yang menarik, serta pengelolaan pengalaman visual yang konsisten. Branding UMKM juga berfokus pada membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen dengan menjaga kualitas produk dan pelayanan, serta menjalin kemitraan atau kolaborasi dengan pihak lain untuk memperluas jangkauan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu UMKM sekitar dalam mengembangkan usahanya di era industri digital 5.0, yang kegiatan utamanya adalah membuatkan akun sosial media, banner, dan video promosi untuk UMKM tersebut. 

Mahasiswa KKN-T berkolaborasi dengan pelaku usaha yang dimana mahasiswa KKN-T melakukan survey di berbagai UMKM sekitar, kemudian mahasiswa KKN-T melakukan wawancara terhadap pelaku UMKM terhadap permasalahan yang dihadapi oleh usahanya. Kemudian mahasiswa KKN-T membantu memecahkan masalah tersebut salah satunya dengan membantu membranding usaha mereka, seperti membuatkan akun sosial media, banner, dan video promosi untuk UMKM tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *